Visi, Misi dan Strategi Sekolah
SMP Negeri 4 Cikarang Selatan – Bekasi
Visi :
BERPRESTASI DAN BERAKHLAK MULIA DENGAN LANDASAN AJARAN AGAMA
Misi
1. Meningkatkan proses pembelajaran melalui penerapan multi metode dan multimedia serta peningkatan kemampuan guru melalui MGMP.
2. Mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler bidang olahraga dan pramuka
3. Meningkatan kesadaran ketaatan beragama melalui pembinaan keimanan secara kontinyu dalam kehidupan sehari – hari.
4. Mensosialisasikan dan menegakan tata tertib sekolah
5. Mengembangkan proses pembelajaran mata pelajaran computer, sehingga siswa memiliki bekal minimal untuk hidup di masyarakat.
Tujuan
PadaakhirTahunPelajaran 2011 / 2012
1. Peningkatan mutu PMB dengan indikasi melalui terpenuhinya sarana dan prasarana pendidikan ;
2. Berprestasi dalam kegiatan ekstrakulikurer, Khususnya pramuka, dan Olahraga ;
3. Semuasiswa yang beragama islam lancar dalam membaca Al-qur’an ;
4. Terciptanya Sekolah yang tertib, aman, nyaman, dan bersahabat ;
5. 50 % siswa mampu mengoperasikan MS Word danMs Excel.
A. Program Strategis
1. Peningkatan PMB dan pengadaan Sarana / Prasarana Belajar ;
2. Mengadakan Bimbingan Belajar untuk anak yang diremidial di sekolah ;
3. Mengadaakan Kegiatan ekstrakurikurer berupa Pramuka, Volly Ball, Basket Ball ;
4. Pembinaan Keimanan di Sekolah
5. Membina Hubungan Baik dengan orang tua dan Masyarakat sekitar ;
6. Meningkatkan mutu PMB Komputer dengan Penambahan dan Pemeliharaan prangkat Komputer.
B. StrategiPelaksanaan Program
Program I :Peningkatan KBM dan Pengadaan Sarana/Prasarana Strategi Pelaksanaan ;
1. Pendataan ketenagaan, Kurikulum, dansarana/ Prasarana pembelajaran ;
2. Mengadaan Musyawarah dengan komite Sekolah untuk Pengadaan Sarana/Prasarana ( Pembangunan RKB, Pengadaan alat – alat praga, pengadaan Buku Penunjang, dsb ) yang memadai dalam meningkatkan PMB ;
3. Pelaksanaan MGMP/Pengiriman Guru Ke MGMP
4. Pelaporan
Program II :Mengadakan Bimbingan Belajar di Sekolah Strategi Pelaksanaan :
1. Sosialisasi kegiatan bimbel kepada guru, siswa, dan orang tua ;
2. Identifikasikebutuhan sarana kegiatan ;
3. Penyusunan Jadwal Bimbel
4. Pelaksanaan Bimbingan Belajar ;
5. Evaluasi
Program III :Mengadakan Kegiatan Ekstrakulikuler
1. Sosialisasi kegiatan kepada Guru,siswa, dan orang tua;
2. Identifikasi kebutuhan sarana / prasarana kegiatan
3. Penyusunana jadwal kegiatan
4. Pelaksanaan kegiatan Ekstrakulikuler;
5. Pelaporan Evaluasi
Program IV : Pembina Kimanan di Sekolah
1. Sosialisasi Kegiatan Kepada Guru, Orang tua, dan siswa
2. Identifikasi Sarana/prasarana yang dibutuhkan
3. Penyusunan jadwal kegiatan;
4. Pelaksanaan kegiatan
5. Evaluasi
Program V :Membina Hubungan baik dengan orang tua dan masyarakat
1. Melengkapi data siswa;
2. Identifikasi kebutuhan;
3. Penyusunan ajadwal Kegiatan Kunjungan rumah/Pemberitahuan Pemanggilan orang tua’
4. Pelaksanaan Kunjungan kerumah/pertemuan dengan orang tua
5. Evaluasi
C. Output Yang Diharapkan
Tahun 2010-2011
1. PBB Dilaksanakan dengan menggunakan multimedia
2. Rata-rata nilai ujian nasional siswa mencapai minimal 6,32
3. Jumlah Siswa yang mengikuti kegiatan Ekstrakulikuler mencapai 25 %
4. 82 % siswa mampu belajar dengan jumlah buku yang memadai.
5. 60 % siswa yang beragama islam mampumem baca Al-Qur’an dengan benar
6. 94 % bergaul menurut nilai-nilai etika yang berlaku
Tahun 2011-2012
1. PBB Dilaksanakan dengan menggunakan multimedia
2. Rata-rata nilai ujian nasional siswa mencapai minimal 6,45
3. Jumlah Siswa yang mengikuti kegiatan Ekstrakulikuler mencapai 25 %
4. 82 % siswa mampu belajar dengan jumlah buku yang memadai.
5. 60 % siswa yang beragama islam mampu membaca Al-Qur’an dengan benar
6. 94 % bergaul menurut nilai-nilai etika yang berlaku
Tahun 2012-2013
1. PBB Dilaksanakan dengan menggunakan multimedia
2. Rata-rata nilai ujian nasional siswa mencapai minimal 6,60
3. Jumlah Siswa yang mengikuti kegiatan Ekstrakulikuler mencapai 33 %
4. 88 % siswa mampubelajar dengan jumlah buku yang memadai.
5. 70 % siswa yang beragama islam mampu membaca Al-Qur’an dengan benar
6. 96 % bergaul menurut nilai-nilai etika yang berlaku
Tahun 2013-2014
1. PBB Dilaksanakan dengan menggunakan multimedia
2. Rata-rata nilaiujian nasional siswa mencapai minimal 6,60
3. Jumlah Siswa yang mengikuti kegiatan Ekstrakulikuler mencapai 33 %
4. 88 % siswa mampu belajar dengan jumlah buku yang memadai.
5. 75 % siswa yang beragama islam mampu membaca Al-Qur’an dengan benar
6. 98 % bergaul menurut nilai-nilai etika yang berlaku
Tahun 2014-2015
1. PBB Dilaksanakan dengan menggunakan multimedia
2. Rata-rata nilai ujian nasional siswa mencapai minimal 6,60
3. Jumlah Siswa yang mengikuti kegiatan Ekstrakulikuler mencapai 33 %
4. 88 % siswa mampu belajar dengan jumlah buku yang memadai.
5. 79 % siswa yang beragama islam mampumembaca Al-Qur’an dengan benar
6. 99 % bergaul menurut nilai-nilai etika yang berlaku